Kamis, 06 Maret 2014

Apa itu Format Video HD dan Full HD 1080p?



Full HD 1080p

Pengertian Video HD – Kita sering berhadapan dengan perangkat komputasi dan perangkat digital. Kita pasti kerap kali mendengar istilah HD Video. Di beberapa jenis film, televisi ataupun jenis Camera, bahkan saat ini pada smartphone dan tablet, kerapkali kita temukan istilah HD Video. Misalanya istilah “HD included” atau “Support HD Video”.

HD merupakan singkatan dari HIGH DEFINITION yang mempunyai arti resolusi tinggi. Jadi dari pengertian Video HD tersebut berarti perangkat yang didukung dengan HD, berarti video nya lebih dari hanya kualitas video standar, dengan kata lain mempunyai resolusi tinggi, dimana resolusinya adalah 1280 x 720 dan 1920 x 1080 pixels. Dengan resolusi ini, kita gambar atau video yang dihasilkan akan terlihat sangat jelas sampai ke detail-detailnya. Selain itu proses pergerakan video tampak seperti nyata, dan sangat tajam. Object juga akan dapat diamati secara utuh. Namun tidak semua perangkat didukung dengan video kualitas HD, terutama perangkat buatan sebelum tahun 2000.Sampai disini kita telah tahu pengertian video HD.

Apa beda standard video dengan high definition video?
Seperti dijelaskan di atas, bahwa video kualitas HD lebih dari hanya video kualitas standar. Video kualitas standar hanya beresolusi 640 x 480. Dengan ukuran resolusi ini maka pergerakan objek di video dan kualitas gambar serta motion nya kurang tajam. Hal ini terdapat pada televisi berwarna produk sekitar 20 tahun yang lalu, yaitu masa-masa munculnya produk televisi berwarna.

Ada lagi istilah Full HD 1080p, apa itu?
Pengertian Full HD 1080p – Istilah 1080p atau dibaca “ten eighty pi” merupakan istilah singkat untuk HDTV High-Definition Video, yang merupakan mode video resolusi  1080 pixel (horizontal)dan progressive scan yang artinya gambar atau video tidak akan mengalami interlaced.

Berdasar pengertian Full HD 1080p, Full HD 1080p mempunyai aspek rasio 16:9 Widescreen, itu artinya video ditampilkan dalam resolusi 1920×1080 pixels, alhasil kualitas filem atau video pun sangat jernih dan detil sehingga sangat enak  untuk ditonton atau dinikmati. Jika di sebuah gadget atau handphone tertera Full HD 1080p itu artinya handphone atau gadget tersebut mampu menampilkan sebuah HD Video beresolusi 1920×1080 pixels. Blue-ray atau HD DVD merupakan dua buah gadget yang mampu menampilkan Video Full HD 1080p.

Kualitas Video yang ditampilkan pada Full HD 1080p akan sangat jernih dan detil, alhasil ukuran filenyapun akan membengkak. Untuk sebuah video clip musik berdurasi 5 menit dengan kualitas Full HD 1080p ukuran filenya bisa lebih dari 150MB, bandingkan dengan video clip yang berdurasi sama tapi kualitas biasa (VCD) rata-rata besar filenya hanya 50MB. Sampai disini kita telah mengetahui pengertian Full HD 1080p.

HD movie? HD player?
HD movie merupakan movie dengan kualitas gambar yang top (resolusi tinggi), HD player berarti media pemutar video atau movie full HD, bukan pemutar yang menggunakandisc namun pemutar yang menggunakan kabel HD ke harddisk sebagai storage device file movie nya.

Di era per-gadget-an ini, sudah seharusnya kita semua bangsa Indonesia tidak ada lagi yang gaptek. Gaptek (gagap teknologi) bukan berarti memiliki hal-hal yang berbau IT, namun berarti tidak awam terhadap banyak hal yang berkenaan dengan IT. Dan pastinya, keberadaan perangkat komputasi yang sudah lama merangsek ke dunia pendidikan dan menjadi hiasan di rumah-rumah penduduk, meunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia, terutama kaum muda nya, sudah tidak asing dan bahkan familiar dengan perangkat-perangkat canggih tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar